Selasa, 07 Juni 2011

10 Hal Yang Membuat Panik Seluruh Dunia

Adanya pandemi flu babi atau H1N1 sempat menggegerkan dunia karena menjangkiti banyak orang di berbagai belahan dunia. Tak hanya flu babi, setidaknya ada 10 hal yang pernah membuat warga dunia panik. Apa saja?

Berikut 10 hal yang pernah membuah kepanikan dunia yaitu :

1. Flu babi
Virus H1N1 yang mewabah itu pertama kali muncul di Meksiko dan Amerika pada tahun 2009 yang menyebar cepat dalam 6 minggu. Kondisi itu membuat WHO mengeluarkan status pandemi pada Juni 2009.

Flu babi (H1N1) telah menyebabkan ribuan kematian di seluruh dunia. Menurut buletin WHO, Amerika adalah negara dengan jumlah kematian paling fatal akibat virus H1N1, Eropo di urutan kedua dan menyusul Asia dan Pasifik. Namun, WHO mengumumkan status global pandemi flu babi (H1N1) berakhir pada 10 Agustus 2010.

2. Salmonella
Wabah salmonella dalam makanan sempat membuat geger masyarakat Amerika Serikat pada tahun 2008-2009. Pada tahun 2009 perusahaan menarik selai kacang yang sudah beredar di toko karena ketakutan pada Salmonella.

Setelah lebih dari seribu orang menderita sakit karena wabah Salmonella yang memburuk di Amerika Serikat dalam 1 tahun, pihak berwenang juga menarik beberapa jenis tomat dari pasaran. Beberapa rumah makan juga menarik tomat dari menu seluruhnya. Pihak berwenang juga menyakini wabah Salmonella berasal dari cabai.

3. Perang alam semesta (War of the Worlds)
Ini merupakan ketakutan pertama di era awal wireless atau nirkabel di AS. Pada tahun 1938, radio ada dimana-mana, drama radio sedang berjaya dan penyiar yang paling mendapat untung adalah Orson Welles.

Pada 31 Oktober 1938, pendengar radio dibuat geger oleh dramatisasi Welles tentang The War of the Worlds. Saat itu Welles menyuguhkan konser musik, namun konser sering terganggu oleh Welles yang menyamar sebagai penyiar berita, yang memberikan update hiruk pikuk invasi Mars dari Bumi. Meskipun ia menyebutkan bahwa itu hanya dramatisasi, namun ribuan pendengar menjadi panik dan mengumpulkan banyak persediaan makanan dan melindungi rumah terhadap orang asing.

4. Penyakit sapi gila
Penyakit sapi gila adalah nama jahat untuk bovine spongiform encephalopathy (BSE). Meski tidak menular dari kontak orang ke orang, penyakit sapi gila menakutkan karena efek yang mematikan.

Bila menyerang manusia, penyakit ini secara bertahap menghancurkan jaringan saraf di otak, mengakitkan dementia (pikun), kehilangan memori, kejang dan kematian. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan selalu berakibat fatal.

Manusia dapat terjangkit penyakit ini dengan memakan otak atau jaringan tulang belakang dari sapi yang terinfeksi, bagian yang terkandung dalam daging sapi atau luka terkontaminasi yang tidak tepat ditangani. Wabah terbesar terjadi di Inggris dimulai pada tahun 1984, menewaskan lebih dari 150 orang.

5. Keracunan Tylenol
Ketika tujuh orang tewas setelah menelan kapsul Extra-Strength Tylenol dicampur dengan sianida di daerah Chicago, pemerintah tidak punya cara untuk mengetahui seberapa jauh masalah pada September 1982 ini telah menyebar. Pejabat turun ke jalan dengan megafon, memperingatkan warga untuk membuang setiap kapsul yang ada di rumah mereka.

6. Red Dye No 2 (zat pewarna)
Pada 1970-an, ilmuwan Soviet mengklaim ada hubungan antara pewarna (zat pewarna Red Dye No 2) yang digunakan dalam segala hal, dari selubung sosis, es krim hingga makeup, dapat menyebabkan kanker. AS membuktikan hubungan tersebut dengan beberapa pengujian. Meskipun tidak pernah dikaitkan dengan setiap kematian atau penyakit, pihak berwenang AS melarang penggunakan zat tersebut pada tahun 1976.

7. Insektisida DDT (Dichlorodiphenyltrichloroethane)
Pada awal penggunaannya, DDT banyak digunakan untuk memberantas penyakit malaria dan meningkatkan hasil tanaman agar lebih aman dan murah. Saat itu, penggunaan DDT sebagai insekstisida bahkan memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian.

Namun tidak ada yang memeriksa efek dari penggunaan DDT terhadap lingkungan. Akibatnya, DDT melahirkan salah satu kepanikan yang terkait lingkungan. Ahli biologi Rachel Carson dalam bukunyaSilent Spring, mempertanyakan meluasnya penggunaan DDT dan menguraikan dampak bencana terhadap lingkungan.

Terakumulasi dalam tanah dan rantai makanan, DDT bisa mencapai tingkat beracun di antara populasi hewan bahkan hingga Arktik. Kemudian pengujian mengungkapkan DDT juga memiliki efek merusak kesehatan pada manusia, menyebabkan kebingungan, kerusakan reproduksi dan kanker meningkat. Protes menyebabkan DDT harus dilarang di Amerika Serikat pada 1972.

8. Y2K atau Year 2 Kilo (Ancaman Millenium Bug saat dunia masuki tahun 2000)
Ini mungkin hanya lelucon yang berakhir dengan kepanikan. Programmer sudah lama menotasikan bahwa tahun hanya berakhir dengan dua digit, misal 97, 98, 99 dan tidak pernah mempertimbangkan apa yang akan terjadi pada tahun 2000 ketika kembali ke tahun 00.

Banyak hal menakutkan diprediksi terjadi pada tahun 2000, seperti pesawat akan jatuh dari langit, listrik padam dan seluruh infratruktur di planet akan terhenti. Hal ini cukup menimbulkan kepanikan di negara-negara besar seperti AS dan Inggris, yang menghabiskan jutaan dolar untuk menambal dan memperbaiki kesalahan yang ada pada jaringan di segala aspek. Namun, kepanikan mereda setelah jam berdentang di tengah malam awal tahun 2000.

9. SARS
SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang ‘melompat’ dari hewan ke manusia. SARS telah membunuh manusia pertama yang terinfeksi pada November 2002 di China bagian selatan.

Lebih dari 8.000 orang yang terinfeksi berakhir dengan SARS dan membunuh hampir 800 orang yang sebagian besar di China dan Hong Kong. Namun pada Juli 2003, tidak lagi ditemukan kasus SARS pada manusia.

10. Mainan mengandung timah
Pada tahun 2007, Mattel (perusahaan mainan) menarik kembali lebih dari sembilan juta mainan setelah menemukan mainan tersebut mengandung cat timah, yang dapat menyebabkan gangguan perkembangan otak pada anak-anak. Tindakan ini diikuti oleh perusahaan mainan lainnya, yang juga menduga mainan produksinya tercemar.

Keamanan Komputer




Keamanan komputer adalah suatu cabang teknologi yang dikenal dengan nama keamanan informasi yang diterapkan pada komputer. Sasaran keamanan komputer antara lain adalah sebagai perlindungan informasi terhadap pencurian atau korupsi, atau pemeliharaan ketersediaan, seperti dijabarkan dalam kebijakan keamanan.

Keamanan komputer memiliki 5 tujuan, yaitu:
1. Availability
2. Confidentiality
3. Data Integrity
4. Control
5. Audit

Aspek-aspek keamanan komputer :
1. Authentication
Agar penerima informasi dapat memastikan keaslian pesan dari orang yang diminta.
2. Integrity
Keaslian pesan yang dikirim melalui sebuah jaringan, dan dapat dipastikan bahwa informasi yang dikirim tidak dimodifikasi
3. Nonrepudiation
Merupakan hal yang bersangkutan dengan sipengirim, sipengirim tidak dapat mengelak bahwa dialah yang mengirim pesan/informasi itu
4. Authority
Informasi yang ada pada sistem jaringan tidak dapat dimodifikasi oleh pihak yang tidak berhak akses
5. Confidentiality
Usaha untuk menjaga informasi dari orang yang tidak berhak akses
6. Privacy
Kerahasiaan dari suatu informasi
7. Availability
ketersediaan informasi ketika dibutuhkan
8. Access control
Pengaturan (user ID)

Aspek- aspek ancaman komputer :
1. Interruption
Informasi yang ada dirusak dihapus sehingga ketika dibutuhkan data sudah tidak ada lagi
2. Interception
Informasi yang ada disadap/ orang yang tidak berhak akses kekomputer dimana informasi tersebut disimpan.
3. Modifikasi
Merupakan ancaman terhadap integritas, orang yang tidak berhak berhasil menyadap lalulintas informasi yang sedang dikirim
4. Fabrication
Memalsukan identitas sehingga berpura-pura menjadi pemilik asli dari informasi


Lima langkah keamanan komputer :
1. Aset
Perlindungan aset merupakan hal yg penting dan merupakan langkah awal dari berbagai implementasi keamanan komputer.
2. Analisa Resiko
Identifikasi akan resiko yg mungkin terjadi, sebuah even yg potensial yg bisa mengakibatkan suatu sistem dirugikan.
3. Perlindungan
Pada era jaringan, perlu dikwatirkan tentang keamanan dari sistem komputer, baik PC atau yg terkoneksi dengan jaringan
4. Alat
Tool yg digunakan pada PC memiliki peran penting dalam hal keamanan karena tool yg digunakan harus benar-benar aman.
5. Prioritas
Perlindungan PC secara menyeluruh

Macam-macam serangan pada keamanan komputer :
1. Intrusion
2. Intelligence
3. Land Attack
4. Logic Bomb
5. Operation System Fingerprinting
6. Smurf Attack
7. Scanning
8. Back door

Dasar-dasar keamanan komputer :

1. Kriptografi, Enkripsi dan Dekripsi

2. Enkripsi Modern
Enkripsi modern berbeda dengan enkripsi konversional karena enkripsi modern sudah menggunakan komputer dalam pengoperasiannya, berfungsi mengamankan data, baik yang ditrasfer melalui jaringan komputer maupun tidak. Yang termasuk enkripsi modern adalah :

1. Simetris Kriptografi
Simetris Kriptografi adalah algoritma yang menggunakan kunci yang sama pada enkripsi dan deskripsinya.
Ex : Pesan x, chanel public, e xo

2. Asimetris Kriptografi
Kunci asimetris adalah pasangan kunci kriptografi yang salah satunya digunakan untuk proses enkripsi dan yang satunya lagi untuk deskripsi. Semua orang yang mendapatkan kunci publik dapat mengenkripsikan suatu pesan,sedangkan hanya satu orang saja yang memiliki rahasia tertentu.
Ex : RSA (Rivest, Shamir, Adleman)

3. Enkripsi Public-Key
Salah satu kesulitan dari enkripsi konvensional adalah mendistribusikan kunci yang digunakan dalam keadaan aman. Untuk mengatasi kelemahan tersebut dengan suatu model enkripsi tanpa memerlukan sebuah kunci untuk didistribusikan. Metode ini dikenal dengan nama enkripsi public key. Untuk enkripsi konvensional, kunci yang digunakan pada proses enkripsi dan deskripsi adalah sama

4. Fungsi Hash Satu Arah
a. Sidik jari (fingerprint). Membuat sidik jari dari suatu dokuman atau pesan, sebagai indentitas dari sipengirim pesan.
b. Fungsi kompresi. Kompresi besarnya dapat bervariasi sehingga dinamakan satu arah.
c. Messages digest. Merupakan inti sari dari suatu dokumen dan merupakan satu ringkasan dokumen yang dapat dipahami maknanya.

5. MD-5
Merupakan fungsi hash yang sering digunakan untuk mengamankan suatu
jaringan komputer dan internet yang sengaja dirancang dengan tujuan sebagai berikut :
a. Keamanan: hal ini tidak bisa dielakkan bila suatu sistem algoritma tidak bisa dipecahkan
b. Kecepatan: software yang digunakan memiliki kecepaten yang tinggi karena berdasarkan pada sekumpulan manipulasi.
c. Simple: tanpa menggunakan struktur data yang kompleks.

6. Tanda Tangan Digital
Tanda tangan digital merupakan tanda tangan yang dilakukan memakai alat elektronik yang berfungsi sama dengan tanda tangan manual. Tanda tangan digital merupakan kumpulan bit yang bisa melakukan fungsi elektronik yang memakai fungsi hash satu arah.
Sifat tandatangan digital:
a. Authentication: jaminan dari suatu pesan yang belum dimodifikasi didalam pengiriman, juga merupakan kunci yang membuktikan keaslian untuk kunci public, pemakai atau identifikasi sumber yang boleh memverifikasi hak untuk mengirim pesan.
b. Cuma berlaku untuk sekali pengirim dokuman, tandantangan tersebut tidak bisa di pindahkan kedokumen lainnya.
c. Keabsahan tandatangan digital itu dapat diperiksa oleh pihak menerima pesan, walaupun belum pernah bertemu.

7. Sertifikat Digital
Sertifikat digital adalah kunci pulik dan informasi penting mengenai jati diri pemilik kunci publik seperti misalnya nama, alamat,pekerjaan, jabatan, perusahaan. Kunci publik adalah kunci yang dipublikasikan kepada semua orang.
Ex: jika akan mengirim e-mail kepada seseorang kita harus mengetahui kunci publiknya

8. Secure Socket Layer
SLL dikembangkan oleh Netscape Communication Corp pada tahun 1994. SLL dapat melindungi transmisi HTTP dengan menambahkan lapisan enkripsi pengamanan. Keamanan yang diberikan SLL:
a. Menjadikan saluran (kanal) sebagai saluran (kanal) privat. Artinya data yang dikirim internet ke tempat tujuan akan terjamin keamanannya.
b. Kanel diautentikasi, server selalu diautentikasi dan di clien juga diautentikasi untuk menjaga keamanan data yang akan dikirim melalui jaringan komputer.
c. Kanel yang andal, dimana setiap data yang disadap dan dimodifikasi saat data dikirim oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dapat diketahui oleh pihak yang sedang berkirim data (dideteksi) dengan menggunakan message integrity (authentication).

9. PGP (Pretty Good Privacy)

10. Biometric
Biometrik adalah pengenalan identifikasi menggunakan fisik manusia. Ciri-ciri tersebut digunakan untuk membedakan suatu pola dengan pola yang lainya. Ciri yang bagus adalah ciri yang memiliki daya pembeda yang tinggi sehingga pengelompokan pola berdasarkan ciri yang dimiliki dapat dilakukan dilakukan dengan akurat.


Sumber :
bimovanmomo.wordpress.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Keamanan_komputer
zagal99.files.wordpress.com/2008/02/keamanan-komputer.ppt

Senin, 06 Juni 2011

Plagiarisme


Plagiarisme atau sering disebut plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, plagiator dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah / universitas.

Menurut sebuah buku, hal berikut ini dapat digolongkan sebagai tindakan plagiarisme :
1. Mengakui tulisan orang lain sebagai tulisan sendiri,
2. Mengakui gagasan orang lain sebagai pemikiran sendiri
3. Mengakui temuan orang lain sebagai kepunyaan sendiri
4. Mengakui karya kelompok sebagai kepunyaan atau hasil sendiri,
5.Menyajikan tulisan yang sama dalam kesempatan yang berbeda tanpa menyebutkan asal-usulnya
6. Meringkas dan memparafrasekan (mengutip tak langsung) tanpa menyebutkan sumbernya, dan
7. Meringkas dan memparafrasekan dengan menyebut sumbernya, tetapi rangkaian kalimat dan pilihan katanya masih terlalu sama dengan sumbernya.


Sedangkan tindakan yang tidak tergolong plagiarisme yaitu:
1. menggunakan informasi yang berupa fakta umum.
2. menuliskan kembali (dengan mengubah kalimat atau parafrase) opini orang lain dengan memberikan sumber jelas.
3. mengutip secukupnya tulisan orang lain dengan memberikan tanda batas jelas bagian kutipan dan menuliskan sumbernya.


Untuk di Indonesia, kasus plagiarisme ini bukanlah hal yang baru, mulai dari hal yang kecil seperti plagiarisme tugas kuliah, penjualan skripsi-skripsi mahasiswa, hingga kasus besar yang melibatkan para menteri serta tidak ketinggalan para artis baik musisi maupun perfilman yang dituduh memplagiat karya orang lain.



Ada banyak alasan kenapa mahasiswa dan akademisi/ilmuwan harus membuat karya ilmiah; bagi para akademisi/ilmuwan membuat dan menerbitkan karya ilmiah adalah salah satu tuntutan untuk bisa meraih credit point setinggi dan secepat mungkin agar karier akademisinya bisa naik, selain itu karya ilmiah adalah salah satu jalan utama untuk mempublikasikan hasil penelitiannya; bagi para mahasiswa membuat dan menerbitkan karya ilmiah adalah bagian dari tuntutan/syarat untuk bisa lulus dan mendapatkan degree yang diinginkan. Jumlah karya ilmiah yang diterbitkan juga menjadi salah satu indikator kemajuan ilmu pengetahuan dan SDM di suatu negara. Di tahun 2004, menurut laporan UNESCO, jumlah publikasi ilmiah Indonesia hanya sekitar 0.012% dari total publikasi ilmiah yang ada, jumlah ini setara dengan 522 buah karya ilmiah. Masih sangat jauh jika dibandingkan dengan publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh negara-negara tetangga seperti Singapura (5781), Thailand (2397) dan Malaysia (1438).


Ada berbagai macam cara mencegah praktek plagiarisme di tanah air, diantaranya sebagai berikut:

1. Menumbuhkan intergritas pada diri mahasiswa, sehingga senantiasa bisa menjaga dan membantengi diri dari perbuatan copy-paste tanpa menyebutkan sumber asal.
2. Meningkatkan fungsi dan peranan pembimbing penelitian, karena bagaimanapun hasil penelitian dari mahasiswanya adalah merupakan pertaruhan karir dari si pembimbing.
3. Menggunakan software anti plagiarisme.


Ada berbagai produk yang ditawarkan dan diakui sebagai software yang mampu mendeteksi plagiarisme dalam karya ilmiah, salah satunya yang terkenal adalah Turnitin. Software buatan Amerika ini banyak digunakan oleh berbagai kampus terkemuka di dunia. Harga software ini memang sangat mahal sehingga tidak banyak kampus yang mampu membelinya, harga lisensinya mencapai 400 juta rupiah untuk multi-account. Cara kerja software ini adalah dengan menggunakan database online yang dimilikinya, jumlahnya ratusan ribu hingga jutaan data karya ilmiah dari berbagai penjuru dunia, dalam beberapa jam kemudian file karya ilmiah yang kita submit akan mendapatkan hasil seberapa tingkat kemiripannya dengan karya ilmiah yang lain. Memang software ini mempunyai keberhasilan yang tinggi jika artikel yang kita masukkan menggunakan bahasa Inggris dan mempunyai kelemahan jika artikel yang akan kita cek menggunakan bahasa non-english. Berikut ini tampilan software Turnitin.



Selain software yang mahal ternyata ada juga software anti plagiarisme yang gratis yaitu software Viper.

Software ini benar-benar gratis, anda yang ingin menggunakan software ini hanya memerlukan dua syarat: 1) Mendownload, menginstall dan register di website Viper, 2) Selama menggunakan software ini anda harus terhubung dengan internet, karena Viper memerlukan koneksi dengan database yang tersimpan di dalam server. Viper diklaim memiliki database sebanyak 10 miliar sumber yang siap untuk dicross check dengan artikel anda. Proses penggunaan Viper tergolong sangat sederhana sekali, kita hanya perlu memasukkan artikel kita, kemudian Viper akan mengkoneksikan diri dengan database server, beberapa menit kemudian Viper akan memberikan hasil (dalam persentase) seberapa miripkah artikel kita dengan artikel yang lain berikut dengan link artikel tersebut lengkap dengan menunjukkan kalimat-kalimat yang mempunyai kemiripan dengan artikel milik kita.

Namun tentunya hasil pengecekan menggunakan Viper akan kalah detail dengan hasil pengecekan Turnitin. Karena Turnitin mampu menjangkau semua artikel jurnal-jurnal berbayar semacam IEEE dan Elsevier, sedangkan Viper kemungkinan besar hanya bergantung pada Open Jurnal. Tapi tidak ada salahnya kita mencoba menggunakan Viper untuk mengecek artikel kita/mahasiswa kita, setidaknya meringankan pekerjaan dan juga mencegah tindakan plagiarisme. Selebihnya software-software tersebut hanyalah tool, bagaimanapun tanggung jawab terhadap perbuatan plagiarisme ada di tangan si pelaku sendiri.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme
http://erywijaya.wordpress.com/2010/04/16/plagiarisme-dan-solusi-pencegahannya/




mY eveRytHing