Selasa, 01 Juni 2010

Embedded Operating System

Embedded Operating System adalah sebuah sistem operasi untuk sistem embedded. Sistem operasi ini dirancang secara efisien dan compact, mengabaikan fungsi-fungsi yang biasanya disediakan oleh sistem operasi komputer non-embedded, dan tidak dapat digunakan oleh aplikasi khusus yang dijalankannya. Salah satu jenis khusus dari sistem operasi embedded adalah Real-Time Operating System (RTOS), yaitu sistem operasi yang mendukung multitasking untuk memfasilitasi aplikasi real-time system. Real-time system adalah sistem yang memiliki constraint waktu, di mana kebenaran dan suatu operasi tidak hanya bergantung pada kebenaran secara logika, tetapi juga pada waktu ketika operasi tersebut dilakukan. Oleh karena itu faktor kunci dari RTOS adalah waktu yang minimal untuk memproses interrupt dan perpindahan task.
Sejarah eCos
Cygnus Solutions didirikan pada tahun 1989 dengan ide menyediakan dukungan dan pengembangan penuh terhadap perangkat lunak open source. Perusahaan ini sukses mempaketkan, mengembangkan dan mendukung seperangkat alat termasuk GNU Compiler Collection (GCC) dan GNU Debugger (GDB).
Di tahun 1997, dengan kesuksesan model dukungan open-source, Cygnus memulai pengembangan sebuah real time operating system untuk melengkapi perangkat GNUPr0 mereka. Tujuannya untuk menghasilkan real-time operating system berukuran kecil dan dapat dikonfigurasi, sehingga dapat dimanfaatkan untuk solusi komersial, tapi bebas royalti. Hasilnya adalah Embedded Configurable Operating System (eCos).
Sifat bebas royalti dari eCos berarti bahwa Anda dapat mengembangkan dan menyebarkan aplikasi Anda menggunakan rilis eCos standar tanpa menimbulkan biaya royalti apapun. Selain itu, tidak ada biaya lisensi di muka untuk source code eCos runtime dan alat yang terkait.
Tujuan dari lisensi ini untuk memungkinkan semua pengguna eCos mengembangkan produk tanpa harus membayar, tidak peduli berapa banyak pengembang bekerja pada produk atau berapa banyak unit akan dikirim. Lisensi juga menjamin bahwa sumber kode eCos akan selalu tersedia secara bebas. Hal ini berlaku tidak hanya untuk inti eCos kode itu sendiri tetapi juga untuk setiap perubahan yang dibuat pengembang. Secara khusus, untuk mencegah setiap perusahaan atau individu berkontribusi pada pengembangan kode ke sistem dan kemudian mengklaim bahwa semua pengguna eCos sekarang bersalah karena pelanggaran hak cipta atau paten dan harus membayar royalti.




0 komentar:

Posting Komentar

mY eveRytHing