Jumat, 18 September 2009

Komputer bagi Pendidikan Anak



Awalnya komputer hanya digunakan untuk pengolahan data, tapi karena teknologi yang berkembang sangat pesat komputer sekarang digunakan untuk berbagai macam keperluan, salah satunya sebagai sarana informasi dan pendidikan, khususnya internet. Dalam dunia pendidikan, komputer digunakan sebagai alat baik bagi guru/ pengajar yang akan menyampaikan tutorial dan siswa yang mengaplikasikannya.
Sebagai media tutorial, komputer memilki kelebihan menumbuhkan minat belajar mandiri bagi anak. Tetapi tetap saja interaksi antara manusia dengan komputer tidak bisa menggantikan interaksi manusia dengan manusia karena di Indonesia sendiri minat belajar mandiri masih sangat rendah. Kelebihan lain komputer adalah keakuratan dan kecepatan penghitungan dan untuk memeragakan atau uji coba suatu hal tidak menimbulkan resiko. Tapi dalam hal soal- soal essai atau soal- soal yang membutuhkan pendapat maka komputer kurang dapat membantu, mungkin dapat membantu hanya dalam penghitungan polling atau jajak pendapat.
Sebelum memperkenalkan komputer pada anak, orangtua harus memahami perkembangan anak, kapan anak bisa mengerti dengan penjelasan- penjelasan yang lebih rumit atau kapan anak hanya dapat diberi pemahaman dari simbol atau pun bahasa. Program komputer yang dapat diberikan pada anak yang bersifat menghibur (entertain) sekaligus mendidik (educate) dan pastinya jauhkan anak dari program- program yang dapat membuatnya lebih dewasa dari umurnya. Jadi, komputer tidak selalu diidentikkan dengan pengaruh negatif bagi anak tapi juga pengaruh yang positif

0 komentar:

Posting Komentar

mY eveRytHing