Sabtu, 24 Oktober 2009

Diet Sehat Turunkan Berat Badan


Beberapa bulan yang lalu, kakak saya menimbang berat badannya dan ia sangat senang karena berat badan yang awalnya 64 kg menjadi 50 kg. Ia menjalani diet selama tiga setengah bulan dan mendapatkan tips diet tersebut dari temannya yang berkonsultasi ke ahli gizi. Diet bagi kaum hawa memang bukan kata yang asing lagi, tentu saja bertujuan menurunkan berat badan demi menjaga bentuk tubuh. Kebanyakan wanita malas untuk berolahraga dan malah menjalani diet yang keliru, akibatnya berat badan tidak turun namun badan menjadi sakit karena diet yang dijalani tidak sehat. Berikut ini beberapa cara diet ampuh dan sehat :

  1. Kurangi jatah makan perhari. Umumnya kita makan 3x sehari dikurangi menjadi 2x sehari. Waktu makan yang kita hilangkan adalah malam hari karena pada malam hari kita tidak melakukan aktivitas sehingga tubuh kita tidak memerlukan energi yang banyak.

  2. Kurangi porsi makan dan jangan mengkonsumsi makanan ringan (ngemil). Porsi makan yang biasanya 1 piring penuh dikurangi menjadi 3 atau 2 sendok nasi dan bagi wanita yang sehari-seharinya senang “ngemil”, maka hilangkan kebiasaan itu untuk mensukseskan diet anda.

  3. Hindari makanan berlemak. Makanan mengandung kacang seperti tempe, tahu, dan juga makanan yang mengandung kecap (kecap terbuat dari kacang). Hindari pula makanan yang mengandung minyak.

  4. Hindari makanan yang terbuat dari daging dan lebih banyak mengkonsumsi sayur- sayuran. Sedangkan untuk lauk, kita bisa memilih ikan atau udang.

  5. Jangan mengkonsumsi minuman atau makanan yang mengandung kalori berlebihan.


Catatan : jangan memaksakan diri melakukan diet. Lakukan tips diatas secara bertahap, misalnya untuk minggu ini dimulai dengan tidak mengkonsumsi makanan berlemak, kemudian minggu selanjutnya mulai tidak mengkonsumsi daging. Bila diet tidak dilakukan bertahap, dikhawatirkan berat badan justru malah akan naik karena lambung tidak dapat beradaptasi dengan pola makan yang baru. Diet yang sehat adalah penurunan berat badan 1 kg / minggu. Penurunan berat badan yang merosot terlalu tajam tidak baik karena penurunan yang terlalu cepat akan mengakibatkan kenaikan yang cepat pula.


0 komentar:

Posting Komentar

mY eveRytHing