Minggu, 28 Maret 2010

Artikel Data Pengamatan

Minat Mahasiswa UG Terhadap Hotspot di Kampus D


Ketertarikan atau minat mahasiswa UG terhadap penyediaan hotspot di lingkungan kampus D memang cukup besar. Pernyataan ini didasarkan pada perbandingan yang saya lakukan selama menjadi mahasiswa Gunadarma, khususnya pada observasi yang telah saya lakukan dari hari senin (15 Maret 2010) hingga jumat (19 Maret 2010) pada pukul 10.00 WIB selama satu jam setiap harinya.

Besarnya ketertarikan ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya dengan menggunakan hotspot di kampus dapat menghemat biaya karena bahan yang dicari di internet adalah bahan kuliah yang tidak sedikit sehingga akan menghabiskan biaya yang cukup banyak dibandingkan bila harus ke warnet. Selain itu, penggunaan hotspot di kampus lebih diminati karena kecepatan download yang lebih besar. Apalagi saat sore, tepatnya setelah pukul 17.00 WIB batas kapasitas data yang boleh didownload di izinkan lebih dari 20 MB (batas kapasitas data yang boleh didownload dari pagi hingga pukul 17.00 WIB hanya 20 MB). Perpustakaan kampus D pun menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk menggunakan internet karena lingkungannya yang ber AC serta telah disediakan tempat duduk sehingga lebih nyaman bila dibandingkan menggunakan internet di gazebo mau pun di koridor gedung perkuliahan yang harus duduk dilantai. Selain itu, bila bahan kuliah yang dicari di internet dirasa kurang lengkap maka bisa langsung dilengkapi dengan buku yang terdapat di perpustakaan.

Terkadang penyediaan hotspot di perpustakaan kurang memuaskan karena koneksi internet yang rusak, sumber listrik yang terbatas dan tidak jarang rusak, serta ketersediaan loker yang sedikit sehingga membatasi jumlah pengunjung perpustakaan termasuk jumlah pengguna hotspot.

Untuk mengatasi masalah tersebut alangkah lebih baik jika pihak Universitas meningkatkan kualitas pelayanan internet di kampus D. Salah satunya dengan cara memperbaiki koneksi internet.

0 komentar:

Posting Komentar

mY eveRytHing