Sabtu, 06 Maret 2010

Deduktif dan Induktif

Paragraf adalah susunan dari beberapa kalimat yang terjalin utuh, mengandung sebuah makna, dan didalamnya terdapat gagasan utama.

Paragaraf deduktif dan Induktif adalah salah satu contoh paragraf yang dilihat dari letak gagasan utamanya.

  1. Paragraf deduktif adalah paragraf yang diawali dengan pernyataan umum atau kalimat utama kemudian disusul dengan penjelasan khusus atau dengan kata lain paragraf deduktif adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa yang umum lalu dijabarkan kepada peristiwa- peristiwa yang khusus. Paragraf deduktif dikenal dengan pola umum-khusus. Ciri-cirinya adalah :

Alur berpikir diawali dengan pernyataan umum, selanjutnya dijelaskan contoh , kasus, ilustrasi, dan uraian khusus yang mendukung pernyataan umum tadi.


contoh paragraf deduktif :

      • Setiap orang dilahirkan dan dibesarkan di dalam lingkungan keluarga. Tidak ada seorang pun yang terlahir tanpa sebuah keluarga, sekali pun anggota keluarganya tidak lengkap atau bukan keluarga kandungnya. Keluarga sangat mempengaruhi emosional yang dimiliki seseorang, terutama dalam hal kasih sayang.

      • Sejak dini, siswa telah ditanamkan berpikir secara ilmiah. Berpikir ilmah dapat ditanamkan kepada siswa sejak sekolah dasar. Berbagai cara dapat dilakukan diantaranya memberikan tugas untuk mengamati dan mempelajari tanaman yang ada disekolah. Tidak hanya itu, siswa dapat melakukan eksperimen atau percobaan mengenai mikroba mau pun tanaman air.

      • Kekurangan zat besi beresiko memunculkan generasi bodoh. Hal ini dapat dilihat dari akibat buruk yang ditimbulkannya antara lain kekurangan zat besi dapat menghambat perkembangan otak. Selain itu, penderita zat besi juga akan berperilaku buruk, hiperaktif dan kisaran IQ hanya 10 hingga 50 poin.


2. Paragraf induktif adalah paragraf yang diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus kemudian diakhiri dengan pernyataan umum atau dengan kata lain paragraf induktif adalah paragraf yang dimulai dengan kalimat penjelas yang terletak di awal paragraf dan kalimat utama terletak diakhir paragraf. Paragraf induktif dikenal dengan pola khusus-umum. Ciri-cirinya adalah :

Paragraf diawali dari contoh , kasus, ilustrasi, dan uraian-uraian khusus lalu diakhiri dengan simpulan atau pernyataan umum

contoh paragraf induktif :

  • Dari ribuan pasien gigitan anjing yang pernah dirawat di Rumah Sakit Bali tercatat 34 orang meninggal . Dari jumlah korban yang meninggal, 7 orang di antaranya dari Denpasar, 7 orang dari Gianyar, 2 pasien dari Bangli, Buleleng dan Klungkung masing- masing 1 orang dan sisanya disumbang dari Kabupaten Karangasem dan Badung. Oleh karena itu, Provinsi Bali hingga kini masih berstatus KLB (Kasus Luar Biasa).

  • Setiap hari Dina selalu pulang terlambat. Sangat tak masuk akal jika seorang pelajar selalu pulang malam. Dia pun tak pernah belajar. Yang ada dipikirannya hanya bermain dan bermain. Oleh karena itu, sangat wajar Dina tidak naik kelas.


0 komentar:

Posting Komentar

mY eveRytHing