Sabtu, 06 Maret 2010

SISTEM BUS

Sistem bus adalah jalur ( bus ) dimana data berinteraksi antara komponen yang satu dengan komponen yang lainnya didalam komputer ( PC ). Ada beberapa jenis bus yang digunakan saat ini tapi bus yang paling sering digunakan adalah bus yang menghubungkan northbridge ( chipset ) dengan prosesor ( CPU ). Secara umum, ada 2 jenis bus yaitu bus internal dan bus eksternal. Bus internal sering disebut sistem bus dan bus eksternal sering disebut expansion bus. Bus eksternal memungkinkan penambahan kemampuan komputer dan menghubungkan berbagai peripheral serta komponen drive komputer. Dalam tulisan ini akan dibahas mengenai perkembangan terbaru dari sistem bus.

Awalnya sistem bus hanya berkaitan dengan desain front side bus yaitu alternatif bus data maupun bus address dari CPU yang memang sudah ditetapkan oleh produsen CPU itu sendiri. Namun sekarang desain front side bus mulai dilupakan karena dianggap ketinggalan zaman walau pun masih ada beberapa komputer yang menggunakan front side bus konvensional. Perkembangan terbaru saat ini adalah koneksi sistem bus point to point interconnect yang ditawarkan oleh AMD dan Intel. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki sistem ini antara lain : pada sisi bi-directional yaitu transaksi proses aliran data dapat berlangsung bersamaan baik dalam mengirim (send) dan menerima (receive), tingkatan bandwith lebih besar, akses data lebih cepat, dan koneksi langsung untuk masing- masing komponen yang terhubung memilki jalur masing- masing. Beberapa jenis teknologi bus modern yang digunakan saat ini adalah :

Hyper Transport adalah teknologi bus link point to point yang dikembangkan oleh Hyper Transport Consortium yang terdiri dari berbagai perusahaan produsen yang salah satunya adalah AMD. Teknologi ini digunakan pada prosesor x86 oleh AMD dan Transmeta , lalu diimplementasikan pada chipset. Hyper Transport mendukung auto negotiated bit width dimana jangkauannya dari 2 sampai 32 bit link interconnect. Berdasarkan kecepatannya, Hyper Transport hadir dalam 4 versi yaitu 1.x, 2.0, 3.0, dan 3.1 dimana jangkauan kecepatan clock berkisar antara 200 MHz hingga 3200 MHz. Teknologi ini menggunakan koneksi Double Data Rate yakni transaksi data terjadi pada sinyal clock rising dan falling sehingga hal ini memungkinkan maksimal data rate hingga 6400 MT/s pada kecepatan clock 3200 MHz.

QuickPath Interconnect ( QPI ) adalah teknologi bus link point to point yang dikembangkan oleh Intel. QPI diimplementasikan ke semua 4 quadrant dan jika dilihat lebih mendalam, QPI memungkinkan untuk digunakan dalam konfigurasi lain dimana setiap quadrant bisa digunakan secara independen. QPI terbentuk dari dua 20-lane point to point link data dimana masing- masing berfungsi untuk arah, baik duplex maupun send / receive. QPI dikembangkan oleh Intel untuk menyaingi sistem bus yang dikembangkan oleh AMD yaitu Hyper Transport.

Direct Media Interface ( DMI ) adalah teknologi sistem bus yang dikembangkan oleh AMD sebagi alternatif. Namun karena standar koneksi Intel northbridge dengan southbridge menggunakan interface AMD maka otomatis Intel pun menggunakan standar AMD. Kecepatan DMI hanya sekitar 2 GB/s.

0 komentar:

Posting Komentar

mY eveRytHing