Minggu, 28 Maret 2010

Paragraf Deduktif dan Induktif

Deduktif dan Induktif


Paragraf adalah susunan dari beberapa kalimat yang terjalin utuh, mengandung sebuah makna, dan didalamnya terdapat gagasan utama.

Paragaraf deduktif dan Induktif adalah salah satu contoh paragraf yang dilihat dari letak gagasan utamanya.

1. Paragraf deduktif adalah paragraf yang diawali dengan pernyataan umum atau kalimat utama kemudian disusul dengan penjelasan khusus atau dengan kata lain paragraf deduktif adalah paragraf yang dimulai dengan menyebutkan peristiwa yang umum lalu dijabarkan kepada peristiwa- peristiwa yang khusus. Paragraf deduktif dikenal dengan pola umum-khusus.


Contoh paragraf deduktif :

Sejak dini, siswa telah ditanamkan berpikir secara ilmiah. Berpikir ilmah dapat ditanamkan kepada siswa sejak sekolah dasar. Berbagai cara dapat dilakukan diantaranya memberikan berbagai tugas yang dapat mengembangkan cara berpikir siswa antara lain tugas untuk mengamati dan mempelajari tanaman yang ada disekolah. Tidak hanya itu, siswa dapat melakukan eksperimen atau percobaan mengenai mikroba mau pun tanaman air.


Analisa :

Paragraf di atas merupakan paragraf deduktif karena pikiran utamanya terdapat di awal paragraf. Pikiran utamanya terletak pada kalimat “Sejak dini, siswa telah ditanamkan berpikir secara ilmiah.” Kalimat tersebut merupakan kesimpulan yang di tarik dari keseluruhan isi paragraf. Setelah kalimat utama, selanjutnya diikuti oleh kalimat – kalimat penjelas yang terletak pada kalimat kedua hingga kalimat terakhir untuk mendukung pikiran utama atau ide pokok yang telah dikemukakan sebelumnya. Kalimat – kalimat penjelas menguraikan bagaimana cara menanamkan berpikir secara ilmiah. Caranya adalah dengan memberikan berbagai tugas yang dapat mengembangkan cara berpikir siswa antara lain tugas untuk mengamati dan mempelajari tanaman yang ada disekolah. Tidak hanya itu, siswa dapat melakukan eksperimen atau percobaan mengenai mikroba mau pun tanaman air.


2. Paragraf induktif adalah paragraf yang diawali dengan penjelasan-penjelasan khusus kemudian diakhiri dengan pernyataan umum atau dengan kata lain paragraf induktif adalah paragraf yang dimulai dengan kalimat penjelas yang terletak di awal paragraf dan kalimat utama terletak diakhir paragraf. Paragraf induktif dikenal dengan pola khusus-umum. Ciri-cirinya adalah :

Paragraf diawali dari contoh , kasus, ilustrasi, dan uraian-uraian khusus lalu diakhiri dengan simpulan atau pernyataan umum


Contoh paragraf induktif :

Setiap hari Dina selalu pulang terlambat. Oleh karena itu, sangat wajar Dina tidak naik kelas. Dia pun tak pernah belajar. Yang ada dipikirannya hanya bermain dan bermain. Oleh karena itu, sangat wajar Dina tidak naik kelas.


Analisa :

Paragraf di atas merupakan paragraf induktif karena pikiran utamanya terdapat di akhir paragraf. Pikiran utamanya terletak pada kalimat “Oleh karena itu, sangat wajar Dina tidak naik kelas.” Kalimat tersebut merupakan pernyataan umum yang merupakan kesimpulan yang di tarik dari keseluruhan isi paragraf. Sebelum kalimat utama, terdapat kalimat – kalimat penjelas yang terletak pada kalimat pertama hingga kalimat ke empat untuk mendukung pikiran utama. Kalimat – kalimat penjelas menguraikan tentang alasan mengapa sangat wajar Dina tidak naik kelas. Hal tersebut disebabkan oleh tingkah laku Dina yang selalu pulang terlambat, bermain dan tidak pernah belajar.

0 komentar:

Posting Komentar

mY eveRytHing